Jumat, 05 Juli 2013

mengapa korupsi di indonesia sulit di berantas



MENGAPA KASUS KORUPSI DI INDONESIA SULIT DIBERANTAS
Kasus korupsi di Indonesia seakan sangat sulit untuk dihentikan. Korpsi sangat merugikan keuangan negara,bukan hanya merugikan negara tetapi mampu menyengsarakan masyarakat banyak.Korupsi adalah perbuatan yang sangat dilaknat oleh tuhan dan manusia,hampir setiap hari, masyarakat disuguhkan pemberitaan mengenai kasus korupsi,mengapa korupsi di Indonesia sulit diberantas,apakah badan atau penegak hukum di negara kita ini tidak mampu menuntaskan tugasnya??
Ternyata setelah saya mencari tau apa penyebab kenapa korupsi di negara kita ini sulit diberantas antara lain adalah:
1. korupsi adalah kejahatan yang terorganisir dan melibatkan aparat.
    Ternyata korupsi merupakan kejahatan yang terorganisir,itu sebabnya kasus korupsi sangat sulit terungkap,sistem kerjanya rapi,halus,dan lebih parahnya lagi kasus ini melibatkan para aparat atau petinggi negara.Tentu akan menambah kesulitan lagi untuk membongkar kejahatan yng satu ini,jelas jika para aparat sudah terlibat maka bukan tidak mungkin instansi-iinstansi lain pun akan ikut terlibat.

2. korupsi merupakan rantai kejahatan yang panjang.
 Akibatnya sulit untuk mencari alat bukti guna mengusut atau menuntaskan kasus korupsi. Selain itu,tempat dan lokasi kejadian dalam kasus korupsi terkadang bersifat lintas negara,bayangkan saja kasus korupsi yng dilakukan didalam negara saja sudah sangat sulit terungkap apalagi kalau dulakukan diluar negri pasti tingkat kesulitannya akan bertambah.Apalagi sekarang teknologi sudah sangat canggih dan dapat dijadikan sebagai alat atau sarana kejahatan.

3. Sulitnya memberantas korupsi juga disebabkan adanya persepsi dari masyarakat Indonesia dalam memandang korupsi. "Saat ini korupsi, dipandang sebagai kebiasaan.
Akibat sangat seringnya masyarakat mendengar berita tentang korupsi,sampai-sampai masyarakat sudah mempersepsikan bahwa kasus korupsi itu sebagai kasus yang biasa-biasa saja,bahkan itu dipandang sebagai kebiasaan para pejabat.Korupsi dipandang lumrah oleh masyarakat indonesia,hal ini terjadi karena begitu seringnya pemberitaan tentang korupsi di media-media,hampir setiap hari masyarakat mendengar berita tersebut.

4. Kasus korupsi di Indonesia sangat sulit untuk diungkap juga karena kasus korupsi itu terkadang melibatkan banyak pihak dan berbelit.
Ya itu memang benar,sebut saja kasus Bank Century.Sejak tahun 2009 hingga sekarang kasus bertanggungjawab.Semua itu disebabkan karena kasus ini melibatkan banyak pihak apalagi pihak tersebut adalah para aprat dan petinggi negara.Ketika para pengusa sudah terlibat maka kasus tersebut akan sulit terungkap,dan sangat berbelit-belit sehingga lama kelamaan kasus ini akan lenyap seperti hantu.

5. Korupsi dilakukan, karena adanya empat unsur, antara lain, niat untuk melakukan, kemampuan untuk melakukan, peluang atau kesempatan dan target yang cocok.
Empat unsur korupsi tersebut besar peluangnya didapatkan oleh para pejabat dan para pengusaha besar,itulah mengapa para pelaku korupsi kebanyakan dilakukan oleh para aparat pemerintah atau juga para politikus dan para pengusaa-pengusaha,selain ada niat mereka juga punya kesempatan yang didapatkan lebih besar begitu juga didukung dengan peluang besar.
Sebaiknya indonesia harus lebih tegas dan segera memberantas korupsi di negeri ini,kalau tidak tegas maka akan segera muncul kasus-kasus korupsi yang baru akan muncul di negeri ini,dan perekonomian Indonesia pun akan semakin memburuk..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar