Senin, 02 Juli 2012

jerawat


                                                  JERAWAT??
Apa itu jerawat?
Apa penyebab dan apa obatnya??
caranya mngkin sebagai berikut.. 
Sering membersihkan muka pakai air hangat setiap.
Muka remaja banyak berminyak. Minyak yang tidak pernah dibersihkan akan menyumbat pori-pori wajah dan akhirnya timbul jerawat.

Berusaha sebisa mungkin tidak kena asap kendaraan.
Kalau anda memakai motor pakailah cadar atau helm yang tertutup kaca. Lebih bagus anda memakai keduanya.

Usahakan tidak makan-makanan yang pedas.
Makan makanan yang pedas ini bisa menimbulkan jerawat. Jangan banyak makan-makan yang berlemak (sedikit saja,namun jangan terlalu sedikit, sebab lemak selain untuk pelumas persendian, lemak diperlukan dalam pembentukan sel pada paru-paru dan otak, kekurangan lemak bisa membahayakan kedua organ tersebut.

Timbul jerawat biasanya karena alergi pada makanan.
Kebanyakan orang yang berjerawat itu di karena alergi sama daging ayam dan telur. Coba di uji dulu untuk mencoba kedua makanan tersebut. jika anda memang alergi dengan kedua makanan tersebut, coba hindarilah makan-makanan daging dan ayam.

Kalau berjerawat jangan di pencet.
Ini yang sering tidak bisa kita hindari, karena terlalu jengkel dengan adanya jerawat kita sering pencet, walaupun itu disengaja maupun tidak disengaja. Kalau jerawat dipencet-pencet biasanya meninggalkan noda-noda hitam dan bopeng pada wajah.

Jangan stres.
Menurut sumber terpercaya stres dapat memicu timbulnya jerawat.

Sering Olahraga.
Panas pada tubuh akan membuka pori-pori dalam wajah dan mengeluarkan kotoran dari pori-pori di wajah.

Kalau keramas diusahakan jangan mengenai wajah.
Banyak sebagaian shampoo (terutama yang memakai shampoo protein itu jika mengenai kulit akan menimbulkan jerawat.

Sebelum mandi bersihkan muka dengan air hangat.
Airnya jangan terlalu panas karena air panas dapat memecahkan pori-pori di wajah. Nanti malah kulit wajah jadi merah-merah setengah melepuh kalau dibasuh dengan air yang panas. Jangan terlalu kasar waktu membilas pada wajah yang terdapat jerawat, jika dibilas dengan kasar akan menimbulkan luka dan akhirnya menimbulkan bopeng lalu muncul noda-noda hitam pada wajah.


Cara Menghilagkan Noda Bekas Jerawat

Berikut cara menghilangkan noda bekas jerawat dengan bahan-bahan Tradisional yang mungkin sangat mudah di dapat di sekitar lingkungan anda.

Cara yang ke 1 :
Ambil sepotong ubi kayu. Kupas kulitnya. Buang kulitnya. Bersihkan. Parutkan. Perah untuk dapatkan airnya. Sapukan air perahan pada muka anda yang ada bekas jerawat. Lakukan setiap hari selama seminggu.

Cara yang ke 2 : Tumbuk beberapa batang kulit kayu manis dan jadikan serbuk. Campurkan dengan sedikit air. Sapukan pada bekas jerawat. Lakukan selama seminggu.

Cara yang ke 3 :
Ambil 10 helai daun sireh muda, Bersihkan dan tumbuk lumat. Muka hendaklah dibersihkan dengan air suam dan sapukan sireh pada muka terutama di bagian bekas jerawat. Biarkan kira-kira setengah jam atau hingga kering. Cuci muka bersih-bersih dan lap kering. Lakukan 3 kali seminggu.

Cara yang Ke 4 : Asah kulit kayu manis dan campurkan dengan madu lebah. Tempelkan pada muka yang meninggalkan bekas jerawat setiap malam. Esoknya, cucilah dengan air suam/hangat kuku.

Cara Yang Ke 5 : sebelum mandi, usapkanlah kulit pisang klutuk (batu) yang sudah matang pada kulit wajah. Biarkan sekitar 10 menit, seolah-olah anda sedang dimasker. Setelah itu bilas dengan air teh basi, dan baru mandi, atau cara kedua adalah dengan menghaluskan biji pinang tua, campur dengan air mawar.

 Ada juga :

1. Bubuk kayu cendana yang dibuat pasta
Menghilangkan bekas jerawat dengan bubuk kayu cendana ini bisa bekerja secara ajaib untuk menutupi pori2 kulit yg membesar akibat bekas jerawat. Langkahnya mengoleskan pada bekas jerawat sebelum tidur malam dan pakailah semalam, kemudian bilas menggunakan air dingin aja diesokan harinya. Untuk mencapai hasil yang memuaskan bisa dilakukan secara rutin dan telaten.

2. Bubuk kayu cendana dicampur dg air mawar
Langkahnya hampir sama dengan diatas dengan mengoleskan pada bekas jerawat diwaktu sebelum tidur dan biarkan selama semalam dan bilas menggunakan air dingin di pagi harinya. Namun bila kulit mengering / menjadi kering, bisa dengan ditambahkan susu didalam ramuan bubuk cendana itu dan gunakan hanya beberapa jam saja tak perlu semalaman.

3. Menggunakan Es Batu
Ternyata es batu juga bisa menutup pori2 kulit akibat membesar terkena jerawat, dengan cara mengusapkan es batu ke area wajah selama selang waktu + 15 [Lima Belas] mnit.

4. Menggunakan Timun atau Tomat
Langkahnya dengan menggosok kulit bekas jerawat dengan bagian dalam timun atau tomat ke area wajah. Diamkan selama waktu + 15 mnit kemudian bilas menggunakan air bersih. Manfaat lain tomat selain mengecikan pori2 juga bermanfaat menghilangkan komedo serta untuk mengobati kulit yang berminyak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar