Senin, 02 Juli 2012

TAHU AKAH ANDA??
MENGAPA LANGIT WARNANYA BIRU...

Mengapa langit berwarna biru?  
Ayoooo kenapa ayoooo,,..
 

Atmosfir bumi mengandung molekul gas kecil dan partikel (butiran) debu. Sinar matahari yang memasuki atmosfir tersebut bertemu dengan molekul gas dan partikel debu tadi. Warna sinar yang memiliki gelombang sinar lebih panjang seperti merah dan kuning, dapat melewati dan menembus molekul gas dan debu tadi. Tetapi warna biru yang memiliki gelombang sinar lebih pendek dipantulkan kembali ke atas atmosfir. Itulah mengapa langit terlihat berwarna biru. Prinsip yang sama berlaku juga dengan air di laut atau danau yang terlihat berwarna biru.
 
Langit berwarna biru karena sinar matahari dibiaskan oleh molekul-molekul udara. Cahaya yang ber-lambda (panjang gelombang) tinggi yaitu warna merah kuning orange akan terus bergerak dalam arah lurus. Sedangkan panjang gelombang pendek (biru ungu hijau) akan disebarkan ke segala arah. Akibatnya cahaya yang banyaka masuk ke mata kita adalah warna biru.
Sementara pada pada sore hari, sinar yang masuk ke mata kita adalah sinar warna merah-kuning-orange yang diteruskan lurus tersebut. 

Warna biru yang ada di laut merupakan hasil pemantulan dari warna langit.
Blue sky from scattered light


 Pemantulan sempurna hanya terjadi pada benda mengkilat tidak tembus cahaya atau bidang batas 2 benda dimana cahaya datang dari benda yg indeks biasnya lebih besar (n1) menuju indeks bias lebih kecil (n2).
Hal tersebut terjadi bila sudut  datang cahaya memenuhi persamaan : 
sin i = n2/n1
dimana i adalah sudut datang cahaya.

Benda a memiliki kelajuan 10 m/s dan benda b 25 m/s. Berapakah waktu yang diperlukan benda b agar jarak yang ditempuh sama dengan jarak tempuh benda a selama 40 sekon?
A :
Jarak yang ditempuh A bisa kita hitung dengan mengalikan kecepatan kali waktu tempuh.
Kelajuan A adalah 10 m/s artinya dalam waktu satu detik menempuh jarak 10 meter. Maka dalam waktu 40 detik jarak yang ditempuh adalah 40 x 10 = 400 meter.

Benda B mempunyai kelajuan 25 m/s artinya dalam waktu 1 detik menempuh jarak 25 meter.
Jarak yang ditempuh A dan B sama yaitu 400 meter.
Untuk menempuh 400 meter tersebut, B akan membutuhkan waktu 400/25 = 16 detik 

kira-kira seperti itu,,,haha
  Jadi gitu ya anak2,,haha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar